Kenali 5 Perbedaan merica dan ketumbar dari Tekstur hingga Fungsinya

Merica dan ketumbar merupakan bumbu dapur yang sangat penting dalam mendukung cita rasa dalam masakan. Tanpa rempah tersebut, masakan bisa saja akan terasa kurang begitu nikmat. Namun, merica dan ketumbar memiliki perbedaan yang cukup tipis.

Mungkin banyak orang yang beranggapan jika perbedaan merica dan ketumbar itu tidak ada alias sama saja. namun sebenarnya kedua rempah memiliki pebedaan yang cukup signifikan yang bisa mempengaruhi hasil olahan masakan.

Agar tidak salah, yuk simak pembahasan mengenai perbedaan merica dan ketumbar yang harus diketahui oleh para ibu dirumah. Berikut penjelasannya.

Bentuk dan Warna

Kalau dilihat dengan kasat mata, sebenarnya merica dan ketumbar memiliki bentuk dan warna yang berbeda lho. Merica memiliki ukuran sekitar 1-2 milimeter dengan bentuk bulat, serta permukaan yang kasar dan keriput.

Sementara, ketumbar mempunyai ukuran yang lebih kecil dari merica, dengan bentuk yang bulat namun sedikit lonjong di bagian ujungnya. Selain itu, warna kedua rempah ini juga tidak sama. Merica terdiri dari berbagai macam warna, seperti hitam, putih, merah, dan sebagainya. Akan tetapi, ketumbar hanya punya satu macam warna yakni coklat muda.

Tekstur

Merica putih dan hitam sendiri juga memiliki perbedaan tekstur permukaan kulitnya. Pada yang putih, teksturnya akan jauh lebih mulus dibandingkan merica hitam yang permukaannya cenderung kasar. Akan tetapi, kedua jenis merica sama-sama memiliki tekstur dalam yang keras dan padat.

Berbeda jika kalian meraba tekstur permukaan ketumbar. Biji ketumbar memiliki permukaan yang terdapat garis-garis memanjang yang beraturan. Selain itu, tekstur dalamnya kopong sehingga lunak dan mudah dihancurkan. Bentuk setelah digiling juga nggak sehalus merica, karena menyisakan serat-serat permukaan kulitnya tersebut.

Aroma

Perbedaan merica dan ketumbar yang selanjutnya adalah terletak pada aromanya. Memang cukup sulit mengetahui aroma merica dan ketumbar sebelum keduanya dihaluskan.

Namun, jika sudah dihaluskan aroma merica akan lebih menusuk hidung dibandingkan dengan aroma ketumbar. Aroma ketumbar yang sudah dihaluskan akan terasa biasa saja atau lebih ringan dibandingkan dengan merica. Ada bau khas tapi tidak setajam merica.

Rasa

Hal yang membedakan lainnya adalah dari segi rasa. Lada memiliki karakteristik rasa yang pedas dan sangat menghangatkan. Sementara ketumbar memiliki rasa serta aroma khas yang gurih dan memiliki rasa yang cukup kuat. Jika lada bisa menciptakan rasa pedas sedangkan untuk ketumbar lebih menekankan aroma yang gurih.

Fungsi

Tidak semua makanan membutuhkan dua rempah ini. Beberapa masakan yang umum menggunakan merica adalah capcay, sup, tumis, dan sebagainya. Sedangkan ketumbar biasanya digunakan untuk membuat sayur lodeh labu kuning, gulai daun singkong, soto ayam, bebek betutu kuah santan dan masih banyak lagi.

Dalam hal pengolahan sebenarnya tidak ada yang berbeda. Dengan bisa langsung menggunakan merica, terutama merica bubuk, pada makanan baik saat dihidangkan ataupun ketika proses memasak. Namun untuk ketumbar harus digunakan pada proses memasak. Bila ingin aroma ketumbar lebih kuat, maka bisa menyangrai terlebih dahulu biji ketumbar hingga berwarna kecoklatan sebelum ditumbuk.

Meskipun dua rempah ini mempunyai perbedaan yang cukup jelas, namun dalam hal penyimpanan semuanya sama. Merica dan ketumbar sama-sama harus disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di tempat yang kering. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan aroma rempah-rempah agar tidak mudah rusak.

DluOnline

Related Posts

Goodbye Bad Hair Day, Ada Gatsby The Nature Styling Balm Series Buat Rambut Kece Kamu!

Punya rambut yang keren dan tertata dengan maksimal nggak cuma berlaku untuk cewek. Para cowok juga ingin hal yang sama, guys. Kamu kebayang nggak sih terlihat berantakan hanya gara-gara rambut…

Perfect Summer Jumpsuit- Popilush

The jumpsuit is a versatile outfit perfect for summer, as it easily adapts to different occasions and feminine styles. Whether on the beach, in the countryside or in the city,…

You Missed

Puding Mangga: Segar dan Lezat

Puding Mangga: Segar dan Lezat

Martabak Telur: Kelezatan yang Menggoda Selera

Martabak Telur: Kelezatan yang Menggoda Selera

Bolu Kukus Pandan Lembut

Bolu Kukus Pandan Lembut

Resep Lezat Roti Srikaya

Resep Lezat Roti Srikaya

Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama

Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama

Resep Lezat Telur Dadar Balado

Resep Lezat Telur Dadar Balado